Star Wars X-Wing My Interpersonale(The Next): 7 Hal Sederhana Yang Bisa Dilakukan Untuk Menghindari Depresi

PPCIndoAtas

Jumat, 25 Januari 2013

7 Hal Sederhana Yang Bisa Dilakukan Untuk Menghindari Depresi

Selamat datang di post saya yang ke-57. Disini saya hanya akan sedikit berbagi tentang bagaimana cara menghadapi kekecewaan terhadap suatu permasalahan yang dihadapi, mungkin hal ini terkesan sangat sepele namun faktanya bagi beberapa orang yang memiliki kepribadian tertentu tidak mudah untuk menghadapi kekecewaan tersebut bahkan ada yang berujung depresi.

Pict credit: itsmyturnmovement.org
            Kekecewaan ini bisa ditimbulkan melalui banyak hal yang paling umum adalah kegagalan terhadap suatu kesempatan, contohnya ketika gagal melamar pekerjaan. Bagi yang merasa kecewa dan sulit untuk menemukan rasa percaya diri kembali, berikut ini adalah hal-hal simpel yang bisa anda lakukan:

1.      Selalu ingat kepada Tuhan Yang Maha Esa
Pict credit: mukhiddin.deviantart.com
            Ingatlah selalu bahwa Tuhan akan membantu semua permasalahan anda, apapun keyakinan anda Tuhan tidak mungkin menelantarkan anda. Berpikirlah mungkin masalah yang anda hadapi saat ini adalah ujian yang diberikan Tuhan untuk anda. Beribadah sesuai dengan keyakinan masing-masing juga bisa membuat anda lebih tenang.

2.      Relakan permasalahan yang membuat anda kecewa
Pict credit: muslimruhr.wordpress.com
            Merelakan permasalahan yang membuat anda kecewa bagi sebagian orang mungkin tidak mudah. Intinya anda harus ikhlas dan sabar menghadapinya, dan selalu kembali pada poin pertama apabila anda masih merasa sulit untuk merelakannya.

3.      Berpikir positif
Pict credit: self-improvement-advice.org
            Ketika anda sudah merelakan permasalahan tersebut, tentu rasa kecewa anda pelan-pelan akan hilang. Untuk itu selalu ‘berpikir positif’ adalah kuncinya. Berpikirlah bahwa masalah ini akan menuntun anda pada kesuksesan nantinya, apabila yang anda alami adalah sebuah kegagalan maka anggaplah kegagalan tersebut adalah sukses anda yang tertunda.

4.      Lakukan sesuatu yang dapat membangkitkan semangat anda
Pict credit: thegamefanatics.com
            Melakukan hobi anda seperti menulis, membaca, atau menonton film dapat membuat pikiran anda rileks sejenak. Tidak hanya itu, melakukan hobi juga bisa membangkitkan semangat anda tanpa anda sadari. Hobi bisa menjadi semacam ‘moodboster’ apabila anda mengalami masalah.

5.      Berkumpul dengan keluarga, teman, atau kerabat terdekat
Pict credit: fanpop.com/paramore
            Berkumpul dengan orang-orang terdekat dapat membantu anda melupakan permasalahan yang anda alami. Jika anda tidak sungkan, anda bisa menceritakan tentang masalah yang anda alami. Karena menceritakan permasalahan dapat membuat anda puas secara psikologis.

6.      Pergi keluar dan lakukan aktivitas positif
Pict credit: artistdirect.com
Bagi anda yang jarang keluar kerumah selain pada kegiatan wajib anda, mungkin saatnya untuk pergi keluar dan melakukan aktivitas-aktivitas positif yang dapat membangun semangat anda. Menghadiri seminar atau menjadi peserta dalam pelatihan-pelatihan yang menarik minat anda bisa menjadi sebuah ‘moodboster’ tersendiri ketika menghadapi masalah.
           
7.      Persiapkan diri untuk kesempatan yang akan datang
Pict credit: news.xinhuanet.com
Untuk membangun percaya diri anda dari sebuah kekecewaan akan kegagalan anda dalam meraih sesuatu, tidak ada yang lebih baik dari berusaha lagi dan mencoba. Usaha dan doa haruslah seimbang jika ingin meraih keberhasilan. Tidak hanya itu, anda juga harus mempersiapkan diri untuk kemungkinan terjadinya kegagalan lagi. Intinya tetaplah optimis.

Akhir kata semua tergantung bagaimana kita menyikapi keadaan yang terjadi pada kita. Saya berharap bahwa 7 poin diatas dapat membantu anda dalam menghadapi kekecewaan Sebelum saya menutup tulisan ini, dibawah ada sebuah quote yang mungkin dapat menginspirasi kita semua, quote ini saya kutip di salah satu thread di kaskus.

-“Jangan pernah menilai kehidupan hanya berdasarkan satu masa yg sulit”-

Terima Kasih, Semoga Membantu

1 komentar: