Star Wars X-Wing My Interpersonale(The Next): List Top 10 Film Favorit Tahun 2012

PPCIndoAtas

Senin, 24 Desember 2012

List Top 10 Film Favorit Tahun 2012

Selamat datang di post saya yang ke-55. Setelah sekian lama saya vakum menulis, kali ini saya kembali. Masih seputar film tentunya, bertepatan juga dengan hampir berakhirnya tahun 2012 ini saya mencoba untuk mendaftar film-film apa saja yang menurut saya terbaik pada tahun ini. Daftar ini bersifat personal, jadi mungkin wajar saja bila anda sebagai pembaca tidak setuju dengan pendapat saya. Langsung saja dimulai dari nomer 10:

10. Men In Black III


Franchise ‘Men In Black’ adalah salah satu franchise bergenre sci-fi-comedy yang selalu tampil menghibur, meskipun di film keduanya sempat mengalami kemunduran dalam film pertamanya baik dari segi pendapatan maupun kritik. MIB 3 memberikan angin segar bagi pecinta franchise ini, karena selain tampil lebih baik dari film sebelumnya, film ini juga menjadi film pertama Will Smith di layar lebar setelah sempat vakum 4 tahun semenjak ‘Seven Pounds (2008)’. Meskipun banyak kritikus yang kurang menyukai film ini karena dianggap terlalu menitik pusatkan semua pada Will Smith, saya pribadi menyukai film ini karena twist terakhir yang ada dalam film tidak terduga dan sepanjang film saya tidak merasa bosan dengan alurnya yang tergolong cepat dan dibumbui dengan kekonyolan Will Smith. (Rating IMDb:7.0 RottenTomatoes:70%)









9. The Hobbit: An Unexpected Journey


‘The Hobbit’ merupakan spin-off dari trilogi ‘Lord of the Rings’ yang sukses baik dari segi pendapatan maupun kritik. Berbeda dengan trilogi ‘Lord of the Rings’ yang merupakan adaptasi dari 3 buah novel, ‘The Hobbit’ adalah adaptasi dari 1 buah novel yang akan dipecah menjadi 3 buah film. Hadir dengan format baru yaitu High Frame Rate 48 fps film ini mencoba untuk terlihat berbeda. Jika anda menonton film ini dengan format 3D HFR pasti anda menyukai visualisasinya yang terasa mewah. Dari segi alur cerita menurut saya film ini jauh lebih lambat dari trilogi LOTR yang alurnya cepat. Jujur saja, film ini tidak melampaui ekspektasi saya yang cukup tinggi. Namun paling tidak film ini mampu menghadirkan visualisasi dan penyampaian cerita yang cukup baik sehingga saya menempatkannya di urutan 9. (Rating IMDb:8.5 RottenTomatoes:65%)

8. Ted


Apa jadinya apabila boneka teddy bear yang lucu menjadi hidup karena harapan dari seorang anak, namun dengan bertambah dewasanya sang anak, teddy bear tersebut masih menjadi sahabat baiknya. Premis itulah yang dihadirkan dalam film komedi dewasa ini. Disutradarai oleh Seth MacFarlane pengarang animasi ‘Family Guy’, film ini menghadirkan cerita yang fresh dibumbui dengan komedi yang ‘mudah dipahami’, ditambah akting Mark Wahlberg yang cukup bagus menjadikan film ini layak berada di posisi ke 8. (Rating IMDb:7.3 RottenTomatoes:69%)

7. Chronicle


‘Chronicle’ adalah film yang unik karena menggunakan teknik kamera found-footage untuk film bergenre sci-fi atau bisa dibilang superhero-origins. Teknik ini biasanya digunakan oleh film-film horror berbudget minim untuk menciptakan suasana real. Dengan dana minim, film ini mampu menghadirkan cerita dengan alur cepat dan menarik. Film ini tidak hanya mengandalkan visual effect dan ketegangannya saja, namun film ini juga menghadirkan sosok karakter-karakter dengan latar belakang yang cukup dalam. Film ini sama sekali tidak menggandeng casts yang ternama, tidak juga menggandeng penulis atau sutradara yang ternama. Saya sendiri menyukai ‘Chronicle’ karena tema dan genre yang diangkat berlawanan namun tereksekusi dengan cukup memuaskan meskipun memiliki ending yang tidak terlalu ‘wah’. (Rating IMDb:7.1 RottenTomatoes:86%)

6. The Hunger Games


Sepertinya ‘The Hunger Games’ akan menjadi franchise film yang akan ditunggu-tunggu kedepannya oleh para pecinta film remaja. Di mata kritikus, film ini cukup kontroversial (tentang kualitas). Banyak yang mengatakan bahwa film ini hanya akan menjadi “The next Twilight”. Saya memang tidak membaca bukunya, tapi saya menyukai filmnya karena porsi action dan dramanya yang seimbang. Latar belakang ceritanya mungkin kurang menarik, hanya saja film ini dieksekusi dengan cukup baik oleh sang sutradara Gary Ross. Akting Jennifer Lawrence juga sangat bagus disini, saya yakin bahwa franchise ini tidak akan menjadi “The next Twilight”. (Rating IMDb:7.3 RottenTomatoes:85%)

5. The Avengers


Film ini sebenarnya tidak melebihi ekspektasi saya dari segi alur cerita, mengingat ‘The Avengers’ adalah film yang paling saya tunggu di tahun 2012. Film ini tidak lebih dari sekedar film popcorn yang bisa anda nikmati dari segi aksi dan visual effect. Konflik yang ada juga sangat sederhana. Namun yang saya kagumi adalah bagaimana sang sineas Joss Whedon mampu membagi peran dan waktu tampil masing-masing superhero dengan sama rata, hal ini tidak mudah mengingat masing-masing superhero memiliki karakter yang bertolak belakang beserta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Humor-humor sepanjang film juga sangat menghibur. Dijamin, selama 143 menit anda tidak akan merasa bosan. (Rating IMDb:8.4 RottenTomatoes:92%)

4. The Raid (Serbuan Maut)


Menurut saya ‘The Raid’ merupakan film Indonesia terbaik tahun ini. Filmnya sama sekali tidak overrated. Sepanjang film hanya ada aksi yang memacu adrenalin. Kualitas film ini juga diakui oleh kritikus internasional dibuktikan dengan kemengannya atas ‘Midnight Madness Award’ dalam ajang Toronto International Film Festival 2011. Bukan hanya aksi baku tembak dan cucuran darah yang menjadi andalannya, seni bela diri juga menjadi elemen penting dalam film ini. Gareth Evans benar-benar total dalam menggarap film ini, kita nantikan saja sekuelnya di 2014 nanti akan seperti apa. Dengan sinematografi yang baik, ide cerita yang fresh, dan aksi yang tanpa henti film ini layak berada di posisi ke 4. (Rating IMDb:7.6 RottenTomatoes:84%)

3. Life of Pi


‘Life of Pi’ merupakan satu-satunya film pure-drama yang masuk daftar saya, mengingat saya bukan penggemar film drama. ‘Life of Pi’ merupakan sebuah film yang dapat menginspirasi anda baik secara spiritual maupun psikologis. Film ini menceritakan tentang kehidupan seorang anak bernama Piscine Patel yang dipanggil dengan nama Pi, inti dari film ini adalah ketika Pi terjebak dalam perahu di tengah laut bersama seekor macan, dimana Pi harus bertahan berhari-hari untuk menunggu bantuan datang. Film ini secara visual sangat indah (Format 3D) sedangkan bila dilihat dari segi cerita dan emosi, film ini juga sangat menginspirasi. Sedikir spoiler dari saya: twist terakhir dalam film ini akan membuat anda tersentuh.(Rating IMDb:8.4 RottenTomatoes:89%)

2. The Dark Knight Rises


Sebuah penutup yang sempurna dari trilogi sang ksatria kegelapan. ‘The Dark Knight Rises’ tampil begitu memukau meskipun tidak se-epic film keduanya dan se-gelap film pertamanya. Dari segi kualitas tentu tidak perlu ditanyakan lagi, seluruh film besutan Christopher Nolan tidak ada yang mengecewakan. Hanya ada 1 pertanyaan yang ada di benak saya: dengan ditutupnya saga ‘The Dark Knight’ milik Nolan akankah ada film superhero dengan kualitas seperti ini lagi kedepannya? (Rating IMDb:8.7 RottenTomatoes:87%)

1. Looper


‘Looper’ berada di puncak daftar film favorit saya tahun ini. Banyak faktor yang membuat saya mempertimbangkan hal tersebut. Yang jelas yang membuat saya menyukainya adalah bagaimana film sci-fi ini dieksekusi tanpa menggunakan visual effect yang berlebihan dan masih mengandalkan konsistensi dan kelogisan cerita. Cara sang sineas menggambarkan masa depan juga tidak terlalu berlebihan dan masih dalam konteks logis. Teori tentang time travel juga berlaku cukup unik disini tidak seperti film-film pada umumnya yang memberlakukan teori linear atau teori multi-universe, film ini menggunakan teori looping yangmana menjadi pokok permasalahan dari film ini. Endingnya sama sekali tidak tertebak dan membuat saya sempat bingung. Secara keseluruhan film ini merupakan salah satu film sci-fi terbaik yang pernah saya tonton. (Rating IMDb:7.8 RottenTomatoes:94%)

Tentu saja selain film-film yang saya sebutkan diatas masih banyak film-film bagus di 2012 ini antara lain: The Amazing Spider-Man, Skyfall, Prometheus, Brave, Wreck-It-Ralph dsb. Sedangkan untuk film Indonesia yang melampaui ekspektasi saya ada 2 film yaitu 5 cm dan Modus Anomali, 2 film ini wajib anda tonton. Film-film yang kemungkinan bagus namun belum saya tonton juga masih banyak, antara lain: Cloud Atlas, Les Miserables, Lincoln, Pitch Perfect, dan Zero Dark Thirty. Sekian posting saya kali ini, apabila anda memiliki daftar film-film favorit 2012 sendiri jangan sungkan-sungkan untuk dibagi.

Terima Kasih, Semoga Membantu

11 komentar:

  1. looper nomer 1 karena ada aktor favorit ya wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Joseph Gordon-Levitt? salah satu faktor se haha

      Hapus
    2. Huuuuu subjektif wkwkwk. . bikin vote lah tas :p

      #LH

      Hapus
  2. Belum nonton Life of Pi T^T padahal itu film bagus sekali! Kalau Hunger Games sih bukan the next twilight ya menurut ane soalnya di film ini engga melulu cinta-cintaan, jauh lah sama Twilight. Wah yang dikeluarkan film Western semua, film Internnya mana? hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. The Raid di nomer 4 itu kan film Indonesia. Dominan sih Hollywood soalnya yang indo belum ada yang nyantol aja selain The Raid. tapi sudah tak masukin di Special Tributes di paragraf paling bawah kok Modus Anomali sama 5cm.

      Hapus
    2. Wah padahal film Indonesia yang bagus buat tahun ini sih Habibie dan Ainun wkwkwkwk. Tapi gak papa lah, kalau animasinya? Engga ada yang masuk?

      Hapus
    3. Wah, Habibie & Ainun kebetulan belum nonton saya. Tapi walaupun sudah nonton mungkin gak suka, karena kurang suka genre drama. Animasi sih sejauh ini gak ada yang bener-bener memorable di tahun 2012. Mungkin Wreck-It-Ralph atau Brave.

      Hapus
  3. Resident Evil Retributionnya mana? XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Franchise RE kurang gereget (both visual effect/action and plot)

      Hapus
  4. Life of Pi, Looper, ma the Hobbit belom liat.
    menggiurkan.. =.=

    BalasHapus