Star Wars X-Wing My Interpersonale(The Next): Laporan Bursa Karir ITS 23

PPCIndoAtas

Sabtu, 31 Maret 2012

Laporan Bursa Karir ITS 23

Selamat datang di post saya yang ke-33. Kali ini saya akan mempost tentang hasil reportase saya di Bursa Karir ITS 23 pada tanggal 14 Maret 2012 lalu. Sedikit saya ulas tentang jurusan saya dan perusahaan-perusahaan yang ada di Bursa Kerja tersebut. Semoga bisa bermanfaat, langsung saja.

Suasana Di Bursa Karir ITS
Sistem Informasi (SI) - atau lanskap aplikasi - adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.  (Wikipedia)

              Mungkin sekilas dari sistem informasi di atas dapat menunjukkan betapa pentingnya Sistem Informasi dalam suatu perusahaan. Memang Sistem Informasi bukanlah ilmu yang ‘unique’ tidak seperti ilmu-ilmu teknik yang tidak akan bisa dimiliki oleh orang-orang yang tidak belajar memang dalam bidang teknik tersebut. Namun dibalik hal itu ternyata beberapa perusahaan ada yang membutuhkan lulusan Sistem Informasi contohnya seperti Pamapersada Nusantara(PAMA) yang bergerak dalam bidang pertambangan. Namun bukanlah lulusan sarjana Sistem Informasi yang dibutuhkan, akan tetapi lulusan Diploma dari Sistem Informasi. Banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah faktor aplikasi, lulusan Diploma lebih diutamakan karena lebih aplikatif daripada sarjana Sistem Informasi.

        Namun, sebagai seorang mahasiswa S1 Sistem Informasi saya rasa hal ini cukup wajar mengingat mungkin hal yang lebih banyak dipelajari dalam S1 kebanyakan teori. Di lain sisi saya menganggap bahwa sesungguhnya teori itu penting mengingat tidak selamanya seseorang karyawan berada dalam posisi bawah. Ketika seorang karyawan beranjak ke posisi yang lebih tinggi tentu saja kemampuan teorinya lebih dibutuhkan seperti bagaimana seorang manajer mampu memanfaatkan sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan secara maksimal. Seperti materi yang saya peroleh dari mata kuliah Manajemen Organisasi, semakin tinggi posisi seseorang semakin banyak soft skill yang digunakan daripada hard skill. Dalam paper ini saya telah menghadiri presentasi, membaca brosur, dan sedikit bertanya-tanya kepada beberapa perusahaan dalam Bursa Kerja ITS. Berikut ini yang saya peroleh dari Bursa Karis ITS:


Wilmar Co. Ltd.

Wilmar adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan Minyak Kelapa Sawit. Salah satu perusahaan yang cukup ternama di Asia. Saya menghadiri presentasi yang diadakan Wilmar pada waktu itu. Perusahaan ini menggunakan cukup banyak IT meskipun bidangnya cukup jauh berbeda dari IT. IT yang digunakan oleh perusahaan ini antara lain adalah:

·         GIS and Mapping Program
·         GPS
·         Waterpass
·         Theodolith
·         Total Stallion

Jika menguasai aplikasi-aplikasi diatas seorang Fresh Graduate boleh melamar sebagai seorang Surveyor Staff, tidak perlu latar belakang IT. Namun beberapa aplikasi diatas belum semua IT yang digunakan oleh Wilmar masih banyak yang digunakan seperti database. Tentu database digunakan disini baik dalam produksinya sendiri sampai ke marketing.

Pihak Wilmar mengutamakan seorang yang memiliki latar belakang teknik dan pertanian, karena lowongan yang terbuka kebanyakan di bidang produksi. Maka dari itu tidak terlalu dibutuhkan lulusan dari latar belakang non-teknik atau pertanian. Seorang Fresh Graduate boleh memilih mau ditempatkan di posisi mana, akan tetapi pihak Wilmar sendiri yang menentukan posisinya. Selain itu fasilitas keamanan yang disediakan oleh Wilmar juga tidak sedikit, maka dari itu tidaklah rugi melamar di perusahaan ini. Namun penyesuaian penempatan daerah juga diperhitungkan disini dari berbagai aspek seperti sosial dan teknologi. Tentu saja bila di daerah terpencil tidak akan banyak fasilitas yang diperoleh.

         Lowongan yang terbuka tidak berhenti disitu saja, masih ada lagi karir yang terbuka untuk lulusan Sistem Informasi. Di lowongan Officer disebutkan membutuhkan seorang Bussiness Information System / Information Technology Graduate. Namun disini yang dibutuhkan minimal adalah seorang Diploma, bukan sarjana. Penguasaan database cukup krusial disini. Namun jika ingin meningkatkan jenjang karir yang lebih tinggi ilmu tentang marketing, manajerial harus dikuasai, maka dari itu tak ada salahnya jika seorang Sarjana Sistem Informasi juga melamar dalam posisi ini. IP minimal yang dibutuhkan juga tidak terlalu tinggi disini yaitu 2.75.

            Masih ada lagi posisi lain yang cukup menjanjikan disini yaitu Manajemen Trainee. Posisi ini terbuka bagi seluruh sarjana. Namun sedikit berbeda dengan posisi lain IP minimal yang dibutuhkan disini adalah 3.0. Posisi ini sangat memungkinkan untuk diisi oleh seorang lulusan sarjana Sistem Informasi. Mengingat banyak materi tentang manajerial yang dipelajari dalam Sistem Informasi. Test-test yang dilakukan untuk menyaring MT ini tidaklah sedikit. Ada 3 tahap yang masing-masing tahap berlangsung selama 4 bulan. Tahap pertama adalah matrikulasi yang diakhir tahap akan ada test tertulis yang akan menggugurkan beberapa calon MT. Tahap kedua adalah OJT 1 (On Job Training 1), di akhir tahap akan ada evaluasi kerja yang juga akan menggugurkan banyak calon MT. Tahap ketiga sekaligus yang terakhir adalah OJT 2 (On Job Training 2), akhir dari tahap ini adalah penentuan masuk tidaknya seorang calon MT menjadi MT yang siap ditempatkan di ranah dunia kerja yang sebenarnya.

Stand Wilmar
Presentasi Tim Wilmar
 

PT. AHM (Astra Honda Motor)

PT Astra Honda Motor adalah perusahaan pembuat sepeda motor terbesar di Indonesia yang sudah didirikan sejak tahun 1971. Bisnis utama dari AHM adalah membuat dan mendistribusikan sepeda motor dengan merek Honda. Saya datang ke stand Astra dan bertanya-tanya tentang IT yang digunakan dan beberapa karir yang terbuka untuk lulusan sarjana Sistem Informasi. AHM menerapkan IT untuk beberapa hal, antara lain:

·              · Pendaftaran Online
·              · Database System
·              · Cloud Computing
·              · AutoCad

Cukup banyak karir yang terbuka untuk lulusan Sistem Informasi disini, antara lain adalah IT Junior Programmer dan IT Analis. Untuk IT Junior Programmer yang dibutuhkan adalah minimal lulusan Diploma Teknik Komputer / Sistem Informasi, dengan IP Minimal adalah 2.75, umur maksimal 24 tahun. Yang ditekankan dalam IT Junior Programmer adalah penguasaan bahasa pemrograman dan manajemen database. Sedangkan untuk IT Analis diperlukan minimal seorang lulusan sarjana dari Teknik Komputer / Sistem Informasi, dengan IP minimal 2.75, umur maksimal 27 tahun. Familiar atau ridak asing dengan bahasa pemrograman terutama Java. Berpengalaman dalam user requirement gathering, conduct system settings, dan system design.

Seperti yang saya paparkan di atas dalam PT. AHM, karir terbuka lebar baik bagi lulusan diploma maupun sarjana Sistem Informasi. Hal lain yang menarik disini adalah mahasiswa yang berada dalam semester akhir dalam bidangnya boleh melamar kerja disini meskipun belum lulus. Sehingga saya melihat cukup banyak peminat di stand AHM ini pada siang hari itu.

Stand PT AHM
Job Qualification di PT AHM

PT PAMAPERSADA NUSANTARA (PAMA)

          PT Pamapersada Nusantara (PAMA) adalah anak perusahaan milik PT United Tractors Tbk, distributor kendaraan konstruksi berat Komatsu di Indonesia. PT Astra Internasional Tbk, pemilik saham utama PT United Tractors Tbk, merupakan salah satu perusahaan terbesar dan terkemuka di Indonesia. Kini PAMA secara aktif mengelola sejumlah besar pertambangan batubara, emas, quarry dan sebagainya, mengerjakan konstruksi bendungan dan pengerjaan jalan serta berbagai proyek penggalian bumi dan transportasi yang beroperasi di seluruh Indonesia. Kini PAMA juga telah memiliki anak perusahaan, dengan nama PT Kalimantan Prima Persada (KPP) dan PT Prima Multi Mineral (PMM).

       Di Bursa Kerja saya menemukan 2 stand yaitu PAMA sendiri dan satunya adalah KPP (Kalimantan Prima Persada). Saya ke kedua stand tersebut dan saya memang KPP mengambi sistem-sistem IT yang dimiliki oleh PAMA sendiri. Contoh pemanfaatan IT dalam perusahaan ini antara lain:

·               · Mapping Program
·               · Pendaftaran Via Online
·               · Database memakai ELIP
·               · Advance Networking

Sedangkan karir yang terbuka untuk lulusan sarjana Sistem Informasi ada cukup banyak antara lain Sistem Analis, Programmer, dan Operator Jaringan Basis Data. Masing-masing lowongan pada saat itu tidak dimasukkan pada list lowongan yang terbuka. Salah satu lowongan yang terbuka adalah ISO (Information System Officer) yang dibuka di stand PAMA yang syarat minimalnya adalah lulusan Diploma Sistem Informasi dengan IPK 2,75. Sekian posting dari saya kali ini, jika ada kesalahan tulisan saya mohon maaf.

Stand dan Job Qualification di PAMA
Stand KPP

Terima Kasih , Semoga Membantu

4 komentar:

  1. semoga bsok lulus kuliah gak nyari kerja, tapi ditawari kerja. AMIN
    setelah itu bru berwirausaha.

    BalasHapus
  2. Update terus men...
    Semangat lo yooo...

    BalasHapus