Star Wars X-Wing My Interpersonale(The Next): (Resensi Film) The Bourne Legacy

PPCIndoAtas

Jumat, 31 Agustus 2012

(Resensi Film) The Bourne Legacy

Selamat datang di post saya yang ke-54. Pada kesempatan kali ini saya akan meresensikan sebuah film berjudul "The Bourne Legacy". Film ini tayang di Amerika dan beberapa negara lain pada tanggal 10 Agustus, namun sayang sekali di Indonesia film ini baru bisa tayang pada sekitar tanggal 20-an. (Di Surabaya tanggal 29 Agustus).

Poster film 'The Bourne Legacy'
Franchise Bourne merupakan salah satu franchise film yang cukup dikenal luas. Franchise ini lahir pada tahun 2002 dari sebuah novel karya Robert Ludlum. Dengan memasang Matt Damon sebagai tokoh utama dan Doug Liman sebagai sutradara, film pertama dari saga Bourne yang berjudul "The Bourne Identity" berhasil membuat para kritikus dan penonton kagum. Kemudian dibuatlah sekuelnya yaitu "The Bourne Supremacy" dengan sutradara Paul Greengrass film ini mampu menyamai kualitas film pertamanya. Dan yang menjadi film ketiga dari saga Bourne adalah "The Bourne Ultimatum" yang masih disutradarai oleh Paul Greengrass. Film ketiga ini menjadi film yang terbaik dari saga Bourne, hal ini dapat dibuktikan dari kemenangannya atas 3 piala Oscar.

 Karena "The Bourne Ultimatum" memiliki ending yang masih menciptakan peluang saga Bourne untuk dilanjutkan, maka Universal memutuskan untuk melanjutkan franchise yang menjanjikan ini. Namun Paul Greengrass menolak tawaran untuk menyutradarai film berikutnya, karena dirasa memang seharusnya saga Bourne tidak perlu dilanjutkan. Hal ini juga membuat Matt Damon ikut mundur dari proyek ini. Pihak studio pun tidak kehabisan akal, dengan mengutus sang screenwriter dari ketiga film sebelumnya Tony Gilroy untuk duduk di bangku sutradara franchise ini pun berlanjut.

Tony Gilroy, Edward Norton, Rachel Weisz, dan Jeremy Renner
 Dengan 3 cast utama: Jeremy Renner, Rachel Weisz, dan Edward Norton, film ini mencoba untuk menghadirkan saga Bourne tanpa Jason Bourne (Matt Damon). Dari kualitas filmnya sendiri, menurut saya film ini tidak lebih baik dari tiga film pendahulunya. Pertama, dilihat dari porsi action yang semakin menurun seharusnya plotnya bisa lebih berkembang lagi, namun sayang sekali film ini kurang berhasil mengembangkan plot lebih dalam dari film sebelumnya mengingat timeline dari kedua film ini bersinggungan.

Namun hal tersebut mampu diselamatkan oleh akting dari ketiga pemain utamanya Renner, Weisz dan Norton yang bisa dibilang cukup cemerlang. Hal lainnya yang membuat kurang menarik adalah beberapa ciri khas dari franchise ini dihilangkan, bagi anda yang familiar dengan franchise ini pasti sudah tahu mana bagian yang dihilangkan dan mana bagian yang tetap ada. Menurut saya, mungkin apabila nanti franchise ini berlanjut akan lebih baik jika Tony Gilroy tetap memegang posisi Screenwriter namun meninggalkan posisinya sebagai sutradara agar bisa fokus pada satu pekerjaan.

"Treadstone is only tip of the iceberg"
 The Bourne Legacy bercerita tentang Aaron Cross (Renner) agen operasi Outcome (operasi sejenis Treadstone dan Blackbriar) yang menyadari terjadinya penghapusan seluruh elemen yang terlibat dalam operasi tersebut (hal ini dipicu oleh kemungkinan bocornya informasi tentang operasi Treadstone dan Blackbriar). Dengan latar belakang waktu di tengah-tengah terjadinya event di "The Bourne Ultimatum" hingga pasca event tersebut. Aaron yang melihat Marta Shearing (Weisz) juga salah satu korban yang selamat dari upaya penghapusan tersebut mendatanginya sekaligus untuk mendapatkan obat khusus yang harus dikonsumsinya terus menerus. Dengan kejaran CIA dibawah pimpinan Ric Byer (Norton) yang berniat untuk 'menghapus' mereka, akankah mereka berhasil lolos?
Rating dari saya untuk film ini adalah (7/10). Sekuel yang menurut saya tidak lebih baik dari film-film sebelumnya namun masih bisa anda nikmati. Bagi anda yang memang sudah familiar dengan saga Bourne mungkin akan kecewa dengan apa yang dihadirkan di sini. Seperti biasa, dibawah ada trailer dari film ini silahkan di buffer bagi yang berkenan.



Terima Kasih, Semoga Membantu

2 komentar:

  1. hoalah, aku belum liat Bourne sebelumnya jadi menurutku tetep bagus hahai :D
    Actionnya lumayan sih *dasarnya engga suka film action*

    BalasHapus
  2. Saya juga lagi mau coba bikin blog untuk resensi film-film, mampir di http://moviessynopsis4u.blogspot.com/

    BalasHapus