Star Wars X-Wing My Interpersonale(The Next): (Resensi Film) Total Recall

PPCIndoAtas

Sabtu, 04 Agustus 2012

(Resensi Film) Total Recall

Selamat datang di post saya yang ke-49. Pada postingan kali ini saya akan meresensi sebuah film baru yang tayang perdana pada tanggal 3 Agustus kemarin yaitu Total Recall. Anda mungkin pernah mendengar judul ini sebelumnya karena Total Recall merupakan remake dari film yang berjudul sama yang rilis pada tahun 1990 (dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger) dan dibuat berdasarkan novel fiksi ilmiah karya Philip K. Dick judulnya "We Can Remember It for You Wholesale."

Poster film 'Total Recall'
Total Recall (2012) disutradarai oleh Len Wiseman yang dikenal melalui saga Underworld dan Live Free or Die Hard / Die Hard 4.0. Dibintangi oleh Collin Farell beserta dua aktris Hollywood papan atas Kate Beckinsale dan Jessica Biel, film ini nampak semakin menjanjikan. Wiseman dengan yakin mencoba untuk membawakan unsur futuristis yang lebih kental dibandingkan Total Recall (1990) versi Paul Verhoeven. Wiseman juga mencoba untuk mengambil setting yang berbeda, jika versi Verhoeven bersetting di Mars maka versi Wiseman cukup bersetting di bumi.

Sebenarnya tidaklah banyak yang ditawarkan oleh Wiseman di remake ini, namun karena film ini me-remake film yang dijamannya bisa dibilang cukup sukses dengan memasang Arnold Schwarzenegger tentu banyak penonton yang penasaran dengan kualitas film remake ini. Film ini memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Kelebihan dari film ini adalah mampu menghadirkan visual effect yang megah, futuristis dan 'hidup'. Sepanjang film anda akan melihat setting yang terasa cukup 'hidup'. Bagaimana Wiseman menggambarkan lingkungan Colony dan UFB bisa dibilang cukup baik dan rapi. Akting dari Kate Beckinsale juga menjadi sorotan, saya benar-benar melihat Kate tampil sebaik dia tampil di Underworld disini baik dari segi aksi maupun penampilan secara umum.

Which one is better: Arnold Schwarzenegger or Colin Farrell?
Kekurangan dari film ini adalah alur cerita yang hampir sama persis dengan versi Verhoeven. Selain itu ceritanya juga tidak terlalu dalam sehingga emosi penonton tidak terbawa seiring dengan berjalannya film. Aksi-aksi yang dilakukan oleh aktor dan aktris lain selain Kate Beckinsale juga cenderung membosankan dan kurang menegangkan. Meskipun sosok Douglas Quaid / Carl Hauser lebih pantas diperankan oleh Colin Farrell ketimbang Arnold, Colin tidak terlalu tampil 'wah' disini.

Film ini sendiri bercerita tentang Douglas Quaid (Colin Farrell) yang memilih untuk mengunjungi tempat dimana terdapat semacam program virtual implan memori yang bernama Rekall. Meskipun sudah dilarang oleh rekan kerjanya Quaid tetap mengunjungi tempat tersebut. Memilih memori sebagai agen rahasia, Quaid ternyata malah menghadapi hal-hal yang tidak diduganya selama ini. Istri yang selama ini mendampinginya, Lori (Kate Beckinsale) berubah menjadi musuhnya yang tak terduga. Kini Quaid harus menjadi berusaha kabur dari polisi-polisi yang tiba-tiba berusaha mengejarnya. Dibantu oleh Melina (Jessica Biel), Quaid berusaha mengetahui apa yang sebenarnya terjadi terhadap dirinya, apakah yang dialaminya nyata atau hanya sebuah perjalanan dalam pikirannya saja.

"If i'm not me, then who the hell am i?"
 Rating dari saya untuk film ini adalah (6/10). Sebuah remake yang tidak bisa dikatakan berhasil dengan baik namun tidak bisa juga dikatakan gagal total. Dilihat dari perkembangan cerita memang tidak terlalu besar namun apabila dilihat dari perkembangan hal yang lain seperti pemain dan visual efek tentu mengalami perkembangan. Jika anda tidak terlalu suka film action bertema futuristis / sci-fi, anda sebaiknya tidak menonton film ini. Namun bagi anda yang menyukai film dengan tema tersebut tidak ada salahnya untuk menonton film ini. Dibawah ada trailer, mungkin bisa menambah minat anda untuk menonton film ini.



Terima Kasih, Semoga Membantu

4 komentar:

  1. film remake tetapi dalam kemasan lebih segar. dari beberapa review sih emang lebih bagus yang ini ya keknya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tapi di beberapa review ada yang terlalu sadis 1/10 dsb. sangat gk menghargai yang buat film itu --

      Hapus
    2. namanya juga reviewer ngasih nilainya sesuai dengan idealisme mereka masing-masing hehe :D
      ada saran film yang kira-kira bisa masuk list watching target?

      Hapus
    3. - The Bourne Legacy 'wajib nonton' (tayang 29 agustus di indo)
      - The Expendables 2 (tayang 17 agustus worldwide, indo blm jelas)
      - ParaNorman 'kalo seneng animasi stop motion' (tayang 17 agustus worldwide, indo blm jelas)
      - Premium Rush 'wajib nonton' (tayang 24 agustus worldwide, indo blm jelas)

      Semoga Membantu

      Hapus