Star Wars X-Wing My Interpersonale(The Next): Fenomena Time Travel

PPCIndoAtas

Senin, 07 November 2011

Fenomena Time Travel

Selamat datang di post saya yang ke-enam, seperti post saya yang sebelumnya kali ini saya akan membahas tentang fenomena yang tidak biasa atau kurang general tapi cukup membuat kita penasaran.

Time Travel.. dua kata yang mungkin sebagian dari kita ada yang sudah tidak asing lagi dengan kata ini. Atau malah baru dengar? Bagi yang belum akan saya terangkan bahwa Time Travel adalah berjalan diantara ruang dimensi dan waktu, maksud saya adalah melakukan perjalanan waktu dimana kita bisa melakukan perjalanan waktu ke masa depan atau masa lampau. Mungkin terkesan sangat mustahil dan tidak masuk akal. Namun teori relativitas Einstein menyebutkan bahwa ruang dan waktu dapat dibengkokkan. Baiklah kalau untuk menjelaskan teorinya sendiri saya juga tidak terlalu bisa, karena memang bukan bidang saya. Kalau begitu saya akan ajak pembaca sekalian untuk melihat dua kasus yang terjadi seputar Time Traveler. Time Traveler merupakan sebutan untuk seseorang yang telah melakukan Time Travel. Saya juga akan berpendapat mengenai fenomena ini di akhir tulisan saya. Tidak usah panjang lebar langsung saja saya mulai dari kasus pertama.

1.      Kasus John Titor

Kasus pertama adalah kasus John Titor. Kasus ini cukup terkenal pada tahun 2001 sampai 2002. Pada tahun 2000 John Titor pertama kali memperkenalkan dirinya di forum internet dan mengaku kepada publik bahwa dirinya sebagai seorang prajurit Amerika di tahun 2036 yang sedang mengemban sebuah misi yaitu kembali ke tahun 1975 untuk mengambil sebuah komputer portable pertama yaitu PC IBM 5100. Di tahun 2036 semua sistem UNIX akan mengalami eror, oleh sebab itu IBM 5100 sangatlah penting bagi mereka di tahun 2036. Seharusnya John Titor sudah kembali ke masanya di tahun 2036, akan tetapi dia kembali pada tahun 2001 untuk memperingatkan orang tuanya tentang bahaya masa depan. Dan pada 21 Maret 2001, John Titor pamit untuk pulang ke masanya. Sejak saat itu dia sudah tidak pernah muncul lagi di forum.  John Titor sendiri lahir di Florida pada tahun 1998. Diketahui bahwa John Titor hanyalah sebuah nama samaran (bukan nama yang sebenarnya).

John sempat menjelaskan tentang teori Time Travel, teori yang ia sebutkan yaitu teori “Many Worlds Interprestation”, simpelnya teori ini mengacu pada dunia yang berbeda-beda mirip film “The One”, Untuk lebih jelasnya tentang teori ini anda bisa lihat di Wikipedia. John juga sempat bertemu dengan "dirinya" sendiri yang berumur 3 tahun. Dia meninggalkan beberapa benda masa depan untuk orangtuanya dan meminta mereka membuat video detik-detik keberangkatannya. Dikatakan benda-benda itu kini disimpan oleh pengacara orangtua John untuk dihancurkan. Video keberangkatan John sempat dikirim ke beberapa orang tapi tak pernah dipublikasikan. Anehnya, setelah kepergian John, orangtua John pindah dari Florida. Beberapa saat kemudian, dua topan dahsyat menghajar area Florida. Yang jadi pertanyaan, apakah mereka pindah karena John telah terlebih dulu memperingatkan mereka ? John juga sempat memberikan prediksi-prediksi tentang masa depan, beberapa diantaranya terbukti benar namun beberapa diantaranya juga terbukti salah, karena mungkin terlalu banyak jika saya sebutkan disini, untuk lebih jelasnya anda lihat di Wikipedia.

Dari kasus John Titor, sepertinya tidak cukup membuktikan bahwa Time Travel itu benar-benar ada. Menurut saya kasus ini sedikit aneh dan janggal. Disebutkan bahwa John Titor kembali ke masa lalu untuk mengambil komputer pertama, akan tetapi bukankah di tahun 2036 teknologi sudah lebih maju, untuk apa lagi mengambil komputer yang pertama? Apa ada arsip penting atau sebagainya? Atau teknologi yang ada di komputer pertama itu hilang dan perlu untuk ditemukan kembali? Sepertinya hal-hal tersebut terkesan janggal dan kurang meyakinkan. Dan satu lagi, mengapa video kepulangan John Titor tidak dipublikasikan? Menurut saya jika John Titor masa depan benar-benar melakukan Time Travel, harusnya video itu dipublikasikan agar bisa diteliti lebih lanjut dan dapat mempercepat perkembangan teknologi Time Travel karena benda itu harusnya menjadi satu-satunya bukti otentik eksistensi Time Traveler. Sungguh tidak masuk akal. Kasus John Titor memang menimbulkan banyak kontroversi dari berbagai pihak, namun percaya atau tidak percaya semua kembali pada kita sendiri kan?

2.      Kasus Foto Pria Misterius Di Tahun 1940

Kasus kedua adalah tentang sebuah foto, yang cukup aneh karena foto tersebut diambil pada tahun 1940, namun ada seorang pria yang berpakaian cukup berbeda mungkin terkesan sedikit modern ketimbang orang-orang lain yang ada di sekitarnya. Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat foto dibawah ini.



Sebenarnya menurut saya kasus ini terlalu dibesar-besarkan, karena walau terlihat paling berbeda dan terkesan lebih modern belum tentu juga orang tersebut adalah Time Traveler. Semua benda yang dipegangnya tidak terkesan terlalu modern juga.  Beberapa ahli penyelidik juga telah menyatakan bahwa foto itu asli dan bukan hasil editan namun semua benda yang terkesan modern yang ada pada dirinya sebenarnya sudah ada sejak tahun itu. Mendengar pernyataan para ahli penyelidik saya akhirnya juga bisa menyimpulkan bahwa kasus ini memang terlalu dianggap berlebihan hanya karena satu orang yang terlihat lebih berbeda dari sekitarnya.

Dua kasus diatas tidak membuktikan dengan jelas apakah Time Travel benar-benar bisa dilakukan atau tidak. Menurut saya, selama tidak ada bukti otentik yang benar-benar jelas dan dapat dipercaya sumbernya Time Travel itu hanya imajinasi belaka. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat nanti mungkin saja Time Travel itu bisa dilakukan. Namun bagaimanapun manusia tidak boleh sombong meskipun suatu saat nanti mampu menciptakan teknologi tersebut. Karena sesungguhnya tidak ada kekuatan yang mampu melebihi kekuatan Tuhan Yang Maha Esa. Itulah sedikit informasi dan pendapat yang bisa saya berikan mengenai Time Travel. Akhir kata saya mohon maaf bila ada kesalahan pada tulisan saya ini.

Terima Kasih, Semoga Membantu

1 komentar: