Star Wars X-Wing My Interpersonale(The Next): PS Vita, Generasi Kedua Dari PSP

PPCIndoAtas

Minggu, 27 November 2011

PS Vita, Generasi Kedua Dari PSP

Selamat datang di post saya yang ke-15. Kali ini sedikit saya akan membahas tentang konsol portable baru playstation yang akan segera dirilis pada bulan februari mendatang yaitu PS Vita.

PS Vita
PS Vita adalah konsol terbaru yang akan dikeluarkan oleh Sony Computer Entertainment. PS Vita dibuat setelah meraih kesuksesan dari konsol portable pertamanya yaitu PSP (Playstation Portable). Dikenalkan pertama kali oleh Sony Computer Entertainment ketika acara Electronic Entertainment Expo sedang berlangsung di LA, California pada tanggal 6 Juni lalu.

Fitur-fitur yang akan dimiliki oleh PS Vita ini cukup banyak dan semuanya menjawab kekurangan dari generasi pertamanya PSP. Fitur-fiturnya adalah antara lain: menggunakan 5 inci layar sentuh OLED dengan resolusi 960 x 544 pixel. Dengan menggunakan perangkat internal ARM Cortex-A9 processor dan SGX543MP4 unit grafis. Tidak seperti PSP yang hanya memiliki 1 buah analog saja, PlayStation Vita mempunyai 2 stik analog, 6 axis screen motion, rear touch pad, dan koneksi BlueTooth. PS Vita juga mempunyai kamera pada bagian depan dan belakang yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi wajah dan sensor. PS Vita nantinya juga akan dibagi menjadi 2 versi yaitu PS Vita dengan 3G dan WiFi atau PS Vita dengan koneksi WiFi saja. Jika dibandingkan dari segi harga tentu saja, PS Vita yang memiliki sambungan 3G lebih mahal daripada yang menggunakan WiFi saja. Rencananya PS Vita akan dibanderol mulai dari harga $249 untuk yang menggunakan WiFi saja, dan $299 untuk yang bisa menggunakan WiFi beserta 3G.

            Hal lain yang membedakan PS Vita dengan PSP adalah tempat penyimpanan softwarenya. Jika di PSP kita menggunakan UMD (Universal Media Disc) maka di PS Vita kita akan menggunakan NVG Card. NVG Card akan tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 2GB sampai 16 GB. 5-10% dari data maksimum akan digunakan untuk save data, patch, dll. Untuk baterainya, PS Vita akan tahan selama 3-5 jam untuk bermain game, 5 jam untuk video, dan 9 jam untuk mendengarkan musik dengan layar mati. Beberapa game yang sudah dijadwalkan untuk PS Vita antara lain: Uncharted: Golden Abyss, Gravity Rush, Hustle Kings, Everybody's Golf Next, Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots, Yakuza Of the End, Lost Planet 2, Monster Hunter Portable 3rd, dan masih banyak lagi. PS Vita juga bisa memainkan game-game PSP yang bisa didownload. Bisa juga diisi oleh aplikasi-aplikasi social network sepert facebook, twitter, skype, foursquare, dll. Multitasking akan memegang peranan penting di PS Vita, tidak seperti saudara tuanya PSP dahulu. Hal ini dikarenakan PS Vita memiliki integrasi yang lebih dalam lagi dengan jaringan internet, sehingga Sony yakin fitur multitasking ini akan sangat membantu. Lebih jauh, Sony menyebutkan bahwa space hardware untuk bermain game terpisah dengan space untuk aplikasi lain yang terhubung dengan internet. Hal tersebut akan membuat kita bisa bermain game sambil menjalankan aplikasi secara bersamaan, update status FB dengan bermain game. Lantas apakah jika bermain game sambil menjalankan aplikasi justru akan membuat game menjadi lambat? Pihak Sony mengatakan bahwa hal tersebut tidak akan terjadi. Meskipun mengandalkan multitasking, namun mengingat PS Vita fungsi utamanya adalah bermain game, tentu game akan mendapatkan prioritas yang lebih utama.

Screenshot "Uncharted: Golden Abyss"
Bagaimana? Apakah anda tertatik untuk membelinya? Sabar saja menunggu sampai dirilis. Mungkin seperti PSP, nantinya konsol ini akan menjadi salah satu konsol wajib bagi gamers indonesia. Karena seiring dengan berkembangnya jaman, suatu konsol atau gadget dituntut untuk memiliki tingkat portabilitas yang cukup tinggi demi memuaskan kepuasan penggunanya. Namun tidak berarti konsol-konsol yang non-portable ditinggalkan. Karena konsol-konsol yang non-portable pasti memiliki keunggulan dari segi processor ataupun grafis. Apapun itu, pasti para gamers menginginkan sebuah konsol yang bisa memuaskan hasrat untuk bermainnya dari segi apapun yang dianggap penting.

Terima Kasih, Semoga Membantu

11 komentar:

  1. waw, jadi bisa nyimpen game kayak nds ya?

    BalasHapus
  2. ya, sistemnya diganti, gak UMD lagi

    BalasHapus
  3. klo jlnkan aplikasi scr bersamaan yg lambat yg bkn game?
    kelemahan produk ini apa?

    BalasHapus
  4. iya, karena fokus dengan game , yang dilambatin ya selaen gamenya.
    Kelemahan yang paling utama ya gamenya belum bisa dibajak, haha

    BalasHapus
  5. Bkn hp mbak...wkwkwkwk...

    BalasHapus
  6. PS Vita bisa dipake telpon kali tas. 3G malah

    BalasHapus
  7. yang aku tau sih 3g yan tapi kalo buat nelpon, engga ngerti bisa apa ga...

    BalasHapus