Star Wars X-Wing My Interpersonale(The Next): Pyrokinesis, Fiksi atau Fakta?

PPCIndoAtas

Sabtu, 05 November 2011

Pyrokinesis, Fiksi atau Fakta?

Selamat datang di post saya yang kelima, kembali kali ini saya membahas hal yang kurang general namun cukup menarik untuk dibahas. Silahkan dinikmati.

Pyrokinesis, berasal dari bahasa yunani yaitu pûr artinya api, dan kínesis yang artinya gerakan. Sesuai dengan namanya, Pyrokinesis berarti mengendalikan api seperti memadamkan, menyalakan, atau menggerakkannya. Mungkin bagi orang-orang awam Pyrokinesis murni adalah fiksi. Banyak film-film fiksi yang menampilkan Pyrokinesis sebagai salah satu kemampuan tokoh dalam film itu sendiri, seperti "Pyro" dalam film "X-Men", "Human Torch" dalam film "Fantastic Four", dan banyak lagi. Cukup unik memang kemampuan ini, namun tahukah anda bahwa Pyrokinesis ini dapat dilakukan oleh manusia seperti kita?


 Contoh fiktif dari Pyrokinesis


Banyak teori yang mendukung nyatanya Pyrokinesis, seperti mutasi genetik yang dialami oleh manusia, sehingga manusia tersebut dapat menggerakkan api, memadamkan api, ataupun menjadi satu dengan api itu sendiri, namun teori ini terlalu berbasis pada fiksi sehingga dianggap tidak relevan. Teori lain menyebutkan bahwa manusia sebenarnya memiliki sebuah energi batin yang membuat manusia memiliki kekuatan super seperti Pyrokinesis ini, energi batin adalah energi yang berasal dari jiwa, roh, batin, semangat, atau sejenisnya yang berasal dari diri makhluk hidup. Tanpa energi batin ini, maka kemampuan-kemampuan super ini tidak akan bisa diwujudkan. Teori lain juga menyebutkan bahwa Pyrokinesis adalah kemampuan dari iblis, dan manusia yang dapat melakukannya adalah manusia yang dirasuki oleh roh jahat.

Ada juga kasus yang mendukung keberadaan Pyrokinesis ini, Pada Maret 2011, gadis berumur 3 tahun di Provinsi Antique, Filipina mendapat perhatian media dengan secara misterius membuat dan memprediksi api, Walikota menyaksikan sendiri bagaimana sang gadis membakar sebuah bantal, hanya dengan berkata "Bantal, terbakarlah...". Banyak orang-orang lain termasuk kepala polisi lokal dan pemadam kebakaran melihat bagaimana gadis kecil itu bisa membakar tanpa melakukan kontak fisik apapun terhadap objek tersebut. Gadis kecil itu dianggap telah dirasuki oleh roh jahat dan dibaptis, ketika saat-saat pembaptisan terjadi hal yang mengerikan, tiba-tiba papan berita yang ada di gereja itu terbakar.

Kasus lain menyebutkan bahwa seorang bocah laki-laki berumur 12 tahun yang tinggal di Turlock, California bernama William Brough, bocah ini mampu menyalakan api hanya dengan melihatnya saja, alhasil karena kemampuannya yang aneh ini, keluarganya diusir dan dia juga dikeuarkan dari sekolah karena dituduh dirasuki oleh roh jahat. Beruntungnya salah seorang petani didekat rumahnya rela untuk “dititipi” dirinya dan menngembalikannya ke sekolah. Namun sayangnya di sekolahnya yang baru dia hanya bertahan satu hari, karena lima kelas tiba-tiba mendadak terbakar diduga karena dirinya.
 
Banyak lagi kasus-kasus pendukung keberadaan Pyrokinesis yang tidak sempat saya sebutkan. Selain itu Pyrokinesis seringkali dihubungkan dengan kejadian Spontaneus Human Combustion (SHC) Yaitu suatu peristiwa dimana seseorang secara tiba-tiba terbakar oleh api tanpa kontak fisik dengan api itu sendiri. Menurut saya, SHC itu adalah suatu bentuk Pyrokinesis yang tidak dapat dikendalikan sehingga membakar pengendalinya sendiri. Kekuatan SHC ini sangat menakutkan, panasnya dapat membakar tubuh menjadi abu hanya dengan hitungan menit, bisa dibandingkan dengan kremasi mayat yang membutuhkan waktu 8 jam untuk membakar habis satu mayat dengan suhu diatas 1000oC. Belum ada alasan kuat tentang bagaimana proses terjadinya SHC.

Salah satu foto korban Spontaneus Human Combustion

Menurut saya, Pyrokinesis itu mungkin untuk dilakukan namun tergantung individunya mampu melakukannya atau tidak, karena jika semuanya ini dikaitkan dengan trik-trik pesulap, alam bawah sadar dan telekinesis terlihat berhubungan jadi saya menyimpulkannya demikian. Akan tetapi semuanya kembali pada kita sendiri, teori yang mana yang kita ambil untuk menyikapi kasus-kasus janggal terkait Pyrokinesis ini, atau malah ada yang makin tertarik untuk mempelajari Pyrokinesis? Sekian tulisan dari saya, mohon maaf apabila ada kekurangan.

Terima Kasih, Semoga Membantu....

6 komentar:

  1. Hwa,
    Ada ya, orang Indo ada yang isa ngk?

    BalasHapus
  2. wah kalo orang Indo gak tau persisnya, tapi kalo g salah deddy corbuzier pernah tuh main api, tapi kalo untuk itu pyrokinesis ato cuma trick, saya tdak tau

    BalasHapus