Star Wars X-Wing My Interpersonale(The Next): Jaket Masa Kini

PPCIndoAtas

Sabtu, 26 November 2011

Jaket Masa Kini

Selamat datang di post saya yang ke-13. Kali ini saya akan sedikit memberikan pandangan saya seputar jaket di jaman sekarang ini. Enjoy Read!

Jaket Sebagai Casuality
Hampir setiap orang pasti memiliki jaket. Jaket kini sudah menjadi pakaian yang casual, bukan lagi sebuah pakaian yang hanya untuk melindungi diri dari cuaca dingin saja. Model-model dan bahan-bahan jaket juga sudah berkembang menjadi jaket yang nyaman untuk dipakai dimanapun, kapanpun, dan pada segala suhu.

Pembuatan jaket pertama kali adalah pembuatan Leather Flight Jacket yang dimulai pada saat Perang Dunia Pertama. Tujuannya adalah untuk menghangatkan suhu tubuh pilot dan kru pada saat berada pada ketinggian ribuan kaki di udara dengan suhu yang sangat dingin. Pada saat memasuki Perang Dunia Kedua,di saat pesawat terbang sudah mulai tinggi jarak tempuhnya sekitar kurang lebih 25.000 kaki dan temperatur dapat dibawah nol derajat celciul. Dimulailah era Shearling Flight Jacket yaiut Bomber Flight Jacket dengan lapisan berbahan wool di dalamnya serta menjadi salah satu jaket terhangat pada zamannya.

Berawal dari sebuah peralatan perang menjadi sebuah pakaian yang casual. Jaket sendiri juga memiliki macam-macam jenis seperti jaket sport, jaket distro, jaket parasut dll. Sesuai dengan kegunaan masing-masing. Kini jaket merupakan salah satu tren yang berkembang di masyarakat. Tiap orang memakai jaket yang berbeda-beda seakan membuat suatu trademark bagi orang yang memakainya. Selain itu, kini orang-orang memakai jaket tidak hanya pada saat suhu dingin saja, banyak orang yang memakai jaket hanya untuk melindungi kulitnya dari sinar matahari. Ada juga orang yang memakai jaket untuk melindungi dari angin ketika sedang berkendara dengan sepeda motor. Beberapa jaket parasit biasanya juga digunakan sebagai pengganti jas hujan, karena tingkat ketahanan airnya cukup tinggi, meskipun tidak setinggi jas hujan itu sendiri.

Contoh Jaket Fleece
Akhir-akhir ini jaket yang paling sering dipakai adalah jaket yang berbahan fleece, jaket tersebut biasa digunakan untuk jaket-jaket distro ataupun jaket-jaket korea. Mengapa harus jaket berbahan fleece? Pertama Jaket berbahan fleece bisa disablon atau dibordir dengan mudah, karena bahannya mudah untuk disablon maka banyak orang yang membuat desain-desain sablon untuk jaket ini. Hal ini juga membuat jaket berbahan fleece sering digunakan menjadi bahan distro. Kedua, jaket berbahan fleece cenderung dingin saat digunakan, jadi dalam ruangan pun ketika kita sedang menggunakan jaket ini kita masih terasa sejuk. Ketiga bahan ini biasanya dapat menyerap keringat. Dari ketiga aspek tersebut saya berpendapat bahwa jaket berbahan fleece sangat cocok digunakan untuk semua orang di Indonesia terutama di kota-kota besar yang cuaca dan suhunya sering tidak menentu.

Bahan-bahan jaket lain yang tidak kalah populer antara lain:

-Drill
Bahan drill ini biasa digunakan untuk jaket-jaket yang agak formal, bahkan biasanya sering dipakai celana. Biasanya bahan drill dipakai untuk seragam, contoh seragam pegawai negri yang coklat, celana kain yang biasa dipakai oleh  para pegawai.

-Parasut
Bahan parasit ini adalah bahan jaket dan celana yang kedap air. Tapi ada beberapa jenisnya dari parasit yang tidak kedap air juga. Bila digunakan pada siang hari mentereng, bahan ini menimbulkan panas, karena sirkulasi di bahan yang hampir tidak ada. Bahan parasit ini menggunakan bahan baku poliester (lebih dari 50%), makanya agak panas.

-Jeans
Bahan jeans ini sudah tidak asing di lingkungan masyarakat, karena biasanya sering digunakan untuk bahan-bahan celana dan jaket merek-merek terkenal.

-Diadora/Adidas
Bahan ini disebut diadora/adidas karena bahan ini meniru dari merek terkenal. Bahan ini biasanya digunakan untuk pakaian yang berbau sport, sehingga kelihatan cocok dan nyaman untuk dipakai pada saat berolahraga.

Terima Kasih, Semoga Membantu

13 komentar:

  1. wah kren nih jaketnya

    oh iya gan link ente udah ane pasang silahkan di cek

    kalo banner ente yang mna? ane mau pasang tapi gak tau narohnya di mana

    BalasHapus
  2. jaket yang di gambar pertama itu jenisnya apa? aku suka yg itu.. :)

    BalasHapus
  3. itu mah bahan cotton fleece, kalo modelnya model korea long neck buat cwe

    BalasHapus
  4. Bran, jaket model Chameleon Hoodie koq ga ada?

    BalasHapus
  5. hahaha, ntar kalo dipajang disini malah pada takjub trus pengen beli semua, jangan gi

    BalasHapus
  6. toko jaket d sby yang keren2 dmn tas???
    berkualitas tapi harga tetep bersahabat.
    jaketku ilang e.

    BalasHapus
  7. kalo toko jarang sih tapi kalo event buat clothing-clothing lokal yang dijual sering, barusan aja diadakan di gramed expo yang indie cloth expo itu

    BalasHapus
  8. ayo-ayo! yang keren tapi, banyak yg jual tp gak keren...

    BalasHapus
  9. boleh minta no hp yang jual jaket diadora yang teraqkhir itu? sya minat beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah gan, mohon maaf saya cuma nampilin gambar, jadi saya tidak tahu

      Hapus
  10. jaket yg jeans ok tu gan....

    BalasHapus