Star Wars X-Wing My Interpersonale(The Next): PATRIOT (Prestatif, Aktif, Tanggap, Kritis)

PPCIndoAtas

Sabtu, 26 November 2011

PATRIOT (Prestatif, Aktif, Tanggap, Kritis)

Selamat datang di post saya yang ke-14. Kali ini sedikit saya akan mempost tentang tugas essay yang saya dapatkan pada LKMM PRA TD, yang isinya tentang generasi PATRIOT (Prestatif, Aktif, Tanggap, Kritis, Visioner, Tanggung Jawab). Semoga dapat menjadi bahan renungan kita.
 
Mahasiswa dituntut untuk menjadi seorang yang mampu untuk mengemban tanggung jawab besar dari masyarakat. Mahasiswa ideal adalah mahasiswa yang mampu menyeimbangkan segala ilmu yang didapatkannya dari perguruan tinggi, ataupun dari luar sehingga mampu mewujudkan sikap-sikap yang patut dicontoh. Sikap-sikap tersebut antara lain adalah prestatif, aktif, tanggap, kritis, visioner, dan bertanggung jawab.  

Mahasiswa Yang Telah Menjadi Sarjana
Seseorang yang prestatif adalah seseorang yang mampu menunjukkan prestasinya dalam bidang yang di dalaminya baik secara formal maupun non formal. Menjadi seseorang yang prestatif tidaklah mudah karena seperti yang semua orang tahu, mendapatkan prestasi itu tidaklah mudah. Kita harus benar-benar memahami bidang yang kita jalani. Namun orang yang prestatif itu tidak selalu seseorang yang terlibat dengan kompetisi-kompetisi resmi. Seseorang bisa disebut prestatif jika dia berhasil mencapai sesuatu yang tidak semua orang bisa mencapainya. Pastinya seseorang yang prestatif dapat membanggakan orang-orang disekitarnya apalagi dirinya sendiri. Tidak lengkap pastinya seseorang yang prestatif tanpa sebuah sikap ke-aktifan yang mendukungnya. Ke-aktifan seseorang dianggap sangat penting guna mendukung pola pikir orang itu sendiri. Apabila orang tersebut memiliki pola pikir yang sistematis dan baik, orang tersebut hanya akan bisa mewujudkannya melalui ke-aktifannya. Semakin kita aktif semakin orang lain tahu akan pola pikir kita, apabila kita memang sudah memiliki pola pikir yang sistematis dan baik, semua orang akan mendukung kita dalam mewujudkan visi kita yang dianggap orang lain dapat memajukan semua orang.

Menjadi orang yang tanggap itu mudah, namun jarang dari kita yang mau tanggap pada situasi dan kondisi di sekitar kita. Mungkin jika kita tanggap, kita akan dapat mewujudkan lingkungan yang baik. Dimulai dari hal yang paling kecil sampai menuju hal yang paling besar yang dapat kita rubah. Kita harus memulai untuk tanggap pada kondisi di sekitar kita sehingga kita terpicu untuk berpikir maju ke depan. Jangan hanya berpikir untuk merubah sesuatu yang salah, namun lakukan itu dari hal terkecil yang kita bisa. Orang yang mampu berpikir kritis terhadap suatu kondisi akan tergerak untuk berpikir ke depan, bagaimana agar bisa memecahkan suatu masalah yang terjadi pada kondisi kita sehari-hari. Tanggap dan kritis ini berjalan searah jadi, jika kita tanggap pada suatu permasalahan kita biasanya juga kritis dan tergerak untuk memberikan solusi. Kedua sikap ini hanya akan tumbuh jika kita berani untuk mencoba membenarkan sesuatu yang tidak pada tempatnya.

Mahasiswa Tanggap
Namun jika seseorang sudah mulai untuk tanggap dan kritis pada suatu kondisi, pastinya orang tersebut harus merencanakan solusi yang dia sediakan jauh ke depan. Sikap ini dinamakan visioner. Pentingnya seorang pemimpin memiliki kemampuan menggambarkan dengan jelas tujuan-tujuan yang akan diraihnya di masa depan adalah syarat utama bagi seorang pemimpin yang visioner. Suatu kepemimpinan visioner melibatkan kesanggupan, kemampuan, kepiawaian yang luar biasa untuk menawarkan kesuksesan dan kejayaan di masa depan. Seorang pemimpin yang visioner mampu mengantisipasi segala kejadian yang mungkin timbul, mengelola masa depan dan mendorong orang lain utuk berbuat dengan cara-cara yang tepat. Hal itu berarti, pemimpin yang visioner mampu melihat tantangan dan peluang sebelum keduanya terjadi sambil kemudian memposisikan organisasi mencapai tujuan-tujuan terbaiknya. Kepemimpinan visioner memiliki ciri-ciri yang menggambarkan segala sikap dan perilakunya yang menunjukkan kepemimpinannya yang berorientasi kepada pencapaian visi, jauh memandang ke depan dan terbiasa menghadapi segala tantangan dan ressiko. Seseorang yang mampu melihat jauh kedepan, dan dengan optimis yakin akan meraih tujuannya, pasti mampu membantu menyelesaikan permasalahan di sekitarnya. Meskipun seseorang yang visioner memiliki cita-cita yang jauh ke depan, orang tersebut pasti peduli dengan kondisi sekitarnya. Namun yang terakhir ini tidak kalah pentingnya, yaitu tanggung jawab.

Semua hal bila dilakukan dengan rasa penuh tanggung jawab akan menjadi optimal. Karena kita tahu bahwa bila kita mengerjakan sesuatu itu dilandasi dengan rasa tanggung jawab kita akan merasa lebih termotivasi untuk melakukannya. Setiap orang tidak pernah lepas dari tanggung jawab. Setiap orang pasti memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda, tergantung peran orang itu sendiri. Jadi siapapun kita, kita tidak boleh melupakan tanggung jawab kita. Tanggung jawab kepada keluarga, masyarakat, ataupun Tuhan. Semua itu harus kita sadari dan jadikan batasan motivasi kita untuk berbuat lebih.

Kita harus percaya diri ketika melakukan sesuatu. Karena jika kita percaya kita mampu melakukan itu semua, kita akan bisa. Yang menciptakan batasan adalah otak kita sendiri, jadi kita harus berpikir lebih dari apa yang ingin kita capai. Tentu saja, semua sikap-sikap tersebut harus dilandasi oleh akhlak pribadi orang itu sendiri. Selama kita tidak memiliki akhlak yang melandasinya, kita tidak akan memanfaatkan sikap-sikap tersebut dengan baik. Akhlak ataupun budipekerti memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Selain untuk membuat manusia mengerti mana yang salah dan mana yang benar, akhlak juga memberikan pengaruh akan niat ikhlas atau tidaknya orang tersebut menggunakan ilmunya. Intinya semua kembali pada pribadi masing-masing. Kita harus berpegang teguh pada apa yang selama ini kita percayai, dengan sikap-sikap PATRIOT tadi, kita akan dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain dan juga kita akan dapat membangun bangsa ini dengan sikap-sikap kita ini, selama kita mau berusaha untuk jadi lebih baik.

Terima Kasih, Semoga Membantu

2 komentar:

  1. sebagai mahasiswa maupun pelajar, tetap semangat!

    BalasHapus
  2. emg bnar, sbg mahasiswa kt harus mmpunyai sifat patriot

    BalasHapus