Star Wars X-Wing My Interpersonale(The Next): Sekilas Tentang Telekinesis

PPCIndoAtas

Sabtu, 17 Desember 2011

Sekilas Tentang Telekinesis

Selamat datang di posting saya yang ke-23. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas dan memberi sedikit opini tentang telekinesis yang menimbulkan cukup banyak perdebatan di dunia iptek.

Ilustrasi Fiktif Telekinesis
Telekinesis, apakah anda familiar dengan kata tersebut? Jika iya, mungkin anda mendengar kata tersebut dari film-film fiksi ilmiah atau dalam tayangan edukasi ilmiah  dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya disini saya akan menjelaskan, Telekinesis adalah sebuah kemampuan super seorang manusia untuk dapat mengendalikan benda (padat) tanpa kontak fisik sama sekali. Di post saya yang dulu, saya sempat membahas tentang Pyrokinesis (kemampuan manusia untuk memunculkan dan mengendalikan api tanpa kontak fisik). Telekinesis dan Pyrokinesis memiliki satu konsep yang sama yaitu mengendalikan sesuatu hanya dengan kekuatan pikiran tanpa melakukan kontak fisik sama sekali terhadapnya. Kedua kemampuan ini memang masih menjadi perdebatan, karena keduanya belum bisa dibuktikan secara ilmiah.
 
Perdebatan tentang telekinesis sudah berlangsung sejak tahun 1880-an. Nama telekinesis sendiri baru ditemukan pada tahun 1890. Pada waktu itu orang-orang beranggapan bahwa telekinesis mengarah pada fenomena-fenomena supranatural seperti arwah, hantu, dsb. Namun seiring dengan berkembangnya jaman, paham-paham yang berhubungan dengan fenomena supranatural dihilangkan. Sebagian peneliti percaya bahwa telekinesis merupakan bentuk dari pengendalian kekuatan pikiran. Mereka beranggapan bahwa manusia biasa hanya bisa menggunakan tidak sampai dari 10% potensi otak, apabila presentase penggunaan otak dapat ditingkatkan maka ada kemungkinan manusia dapat menggunakan kemampuan ini.

Telekinesis Dalam Serial "Heroes"
Konsepnya sungguh simpel, semua benda memiliki energi (bunyi konsep PK). Dari sini kita bisa menggerakkan benda tersebut dengan menghubungkan energi dari kekuatan pikiran kita dengan energi dari benda tersebut. Hal ini bisa dicapai dengan cara latihan untuk berkonsentrasi secara penuh terhadap suatu benda. Dimulai dari menggerakkan sesuatu yang sangat kecil seperti atom (Konsep Mikro PK) sampai menggerakkan benda-benda yang besar seperti radio, besi besar, piring, sendok, dsb. (Konsep Makro PK). Konsep Mikro PK sudah berhasil dibuktikan oleh seorang paranormal terkenal yang bernama Ingo Swann. Namun sampai saat ini Konsep Makro PK belum bisa dibuktikan oleh siapapun.

Bagaimana dengan para pesulap yang mampu membengkokkan sendok tanpa menyentuhnya? Apakah itu telekinesis dengan konsep makro PK? Menurut filosofis yang bernama Robert Todd Caroll , membengkokkan sendok merupakan trik yang tidak begitu rumit bagi para pesulap. Trik ini bermacam-macam ada yang menggunakan properti-properti sulap khusus jadi memang sendok tersebut dapat bengkok dalam waktu tertentu. Kemudian beliau menjelaskan bahwa sendok dapat dibengkokkan dengan beberapa teknik, teknik tersebut harus dikuasai oleh seorang pesulap. Saya sendiri juga belum mengerti seperti apa tekniknya, karena tidak dicantumkan di sumber yang saya baca.

Membengkokkan sendok
Meskipun konsep makro PK belum pernah dibuktikan secara ilmiah, banyak kisah-kisah unik dari mulut ke mulut yang diceritakan tentang konsep ini. Namun apabila memang belum benar-benar ada bukti otentik dari lab-lab terkait, maka tentu saja semua itu dianggap hanya sebuah mitos belaka. Menurut saya sendiri, memang bukti otentik belum ada namun tidak menutup kemungkinan jika konsep ini mampu dilakukan. Mengapa? Jika konsep mikro PK saja sudah bisa dibuktikan maka secara teoritis konsep ini sudah bisa dianggap benar. Jadi konsep makro PK hanya masalah waktu sebelum benar-benar bisa dibuktikan secara otentik. Intinya mungkin telekinesis mampu dilakukan oleh manusia, namun saya belum tahu apakah cara yang dilakukan harus sama dengan yang dilakukan dalam konsep mikro PK atau berbeda. Jika anda masih penasaran dan ingin mengetahui lebih dalam tentang telekinesis, mungkin anda bisa browsing dan searching tentang telekinesis di internet.

Terima Kasih, Semoga Membantu

11 komentar:

  1. serem saya tas sama yang beginian. antara ada dan tiada. #btw saya sudah komen nih hehe

    BalasHapus
  2. bar pyrokinesis saiki telekinesis. sok opo tas?
    kabeh ae ko heroes masukno.hahah

    BalasHapus
  3. uwaoow, keren tas :) eh eh aku juga udah komen nih :p

    BalasHapus
  4. haha komen biar di re-komen...
    emank mahasiswa opor ayam smua..

    Bwt aq juga dah komen nih

    BalasHapus
  5. @firman: time travel juga sudah
    @adi: demi nilai lhe..... tambahan yang berharga

    BalasHapus
  6. aku suka postingan bahas beginian :p

    BalasHapus
  7. Jadi pengen punya kemampuan semacam itu, jadi kalau ada orang jahat sama kita bisa dihantam tanpa menyentuh dia ..
    wuahahahahaha~

    nice info gan =D

    BalasHapus
  8. Kerennnnnn Baaaannggggeeetttt nihhh :)

    BalasHapus
  9. Aku punya kekuatan aquakinesis, mau coba???

    BalasHapus