Star Wars X-Wing My Interpersonale(The Next): (Rekomendasi Jurusan) Sistem Informasi

PPCIndoAtas

Kamis, 22 Desember 2011

(Rekomendasi Jurusan) Sistem Informasi

Selamat datang di posting saya yang ke-29. Kali ini demi merampungkan kewajiban saya dalam menulis tema wajib maka saya akan menuliskan sesuatu tentang jurusan saya yaitu Sistem Informasi di kampus perjuangan, ITS tercinta.

Logo SI
Sistem Informasi adalah jurusan yang tergolong masih baru dibandingkan jurusan-jurusan yang lain seperti Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, dll. Berada dibawah naungan fakultas yang masih baru pula yaitu Fakultas Teknologi Informasi (FTIF). Dari fakultas yang menaunginya tentu kita bisa menduga bahwa Sistem Informasi pasti berbasis teknologi informasi. Namun apakah perbedaan Sistem Informasi dengan Teknik Informatika? Hal ini yang sering dipertanyakan oleh orang-orang awam yang belum terlalu mengerti perbedaan antara keduanya.

Menurut pengalaman saya yang telah merasakan kuliah di Sistem Informasi selama hampir 1 semester penuh, Sistem Informasi tidak terpaku pada komputer saja. Karena beberapa mata kuliah inti yang harus saya ambil tidak ada hubungannya dengan programming sama sekali. Mata kuliah yang saya maksud adalah Ketrampilan Interpersonal dan Sistem Fungsional Bisnis. Pada mata kuliah Ketrampilan Interpersonal mahasiswa dipersiapkan sedemikian rupa sehingga dapat memiliki soft skill yang baik, seperti public speaking, kerjasama dalam tim, kepemimpinan, image building, dll. Sedangkan pada mata kuliah Sistem Fungsional Bisnis seorang mahasiswa dituntut untuk dapat membangun suatu bisnis sendiri dengan kelompok masing-masing. Di kelompok tersebut masing-masing mahasiswa berperan dalam jabatan masing-masing, sehingga mahasiswa dapat merasakan bagaimana rasanya terjun langsung di dunia bisnis.

Keadaan kampus Sistem Informasi
Dari semua mata kuliah yang saya ambil saya dapat mengambil kesimpulan bahwa seorang mahasiswa Sistem Informasi memang dipersiapkan untuk menjadi seseorang yang serba bisa. Serba bisa dalam arti bisa memanfaatkan teknologi informasi yang ada, bisa mengambil peluang bisnis yang terbuka, dan bisa berkomunikasi dengan baik di depan publik. Jadi apa yang membedakan Teknik Informatika dan Sistem Informasi adalah Sistem Informasi tidak hanya fokus ke pemanfaatan teknologi informasi saja, melainkan juga mempelajari tentang managerial skills.

Event yang baru saja diadakan oleh SI beberapa waktu yang lalu
Apabila anda tertarik dengan pemanfaatan teknologi informasi dan ingin memperbaiki soft skill anda secara bersamaan, saya rasa jurusan ini tepat untuk anda. “They build IT, We make fortune from it”. Sekian sedikit opini dari saya, mohon maaf jika ada kekurangan dalam tulisan saya.

Terima Kasih, Semoga Membantu

6 komentar: