Star Wars X-Wing My Interpersonale(The Next): Zombie Walk

PPCIndoAtas

Kamis, 01 Desember 2011

Zombie Walk

Selamat datang di post saya yang ke-16. Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi dan opini saya mengenai sebuah event menarik yang diadakan di luar negeri.

Zombie Walk di Mexico City beberapa hari lalu
Pada tanggal 26 November lalu, di Mexico City tepatnya, berkumpul lebih dari 9000 zombie yang berkeliaran di jalan-jalan besar di kota tersebut. Aneh, apakah zombie sudah berhasil menguasai Mexico City? Apakah kita target berikutnya? Tenang saja, mereka bukanlah zombie betulan. Mereka hanya orang-orang yang berpakaian dan berjalan ala zombie saja. Event seperti ini sudah biasa di luar sana dimana banyak orang yang berdandan dan berkelakuan seperti zombie dan berkeliaran di seluruh kota, event seperti ini disebut sebagai ‘Zombie Walk’. Mungkin di Indonesia sendiri istilah ‘Zombie Walk’ cukup jarang di dengar, mungkin karena di Indonesia sendiri zombie tidak begitu populer di kalangan masyarakat.

Zombie Walk pertama tercatat dalam sejarah pada tanggal 19 Agustus 2001 di Sacramento, California. Kegiatan tersebut diadakan untuk media promosi sebuah festival film tahunan. Kegiatan tersebut diulangi lagi pada tahun berikutnya, dan akhirnya menjadi sebuah kegiatan tahunan yang rutin dilakukan. Zombie Walk pertama yang dilakukan untuk kegiatan non-promosi diadakan pada bulan Oktober tahun 2003 di Toronto, Kanada. Event tersebut diadakan oleh penggemar film horor setempat dan hanya diikuti oleh 6 orang saja.

Zombie Walk yang diadakan di Mexico City beberapa hari lalu adalah yang paling baru dan dapat memecahkan rekor untuk Zombie Walk dengan peserta terbanyak.  Namun sayangnya, event tersebut belum resmi dicatat dalam Guinness Book Of World Records. Rekor Zombie Walk dengan peserta terbanyak sebelumnya tercatat di Asbury Park, New Jersey dengan 4,093 partisipan pada tanggal 30 Oktober 2010. Setelah itu sebuah grup di Brisbane, Australia melamar rekor tersebut dengan jumlah partisipan 8000 orang, bulan lalu. Tapi sayangnya grup tersebut harus mengandaskan keinginannya untuk memecahkan rekor, pasalnya Zombie Walk yang diadakan di Mexico City memiliki partisipan sekitar 9000-10.000 orang.

Manjadikan Zombie Walk sebagai ajang 'demo'
Memang Zombie Walk ini terlihat seperti kegiatan yang tidak penting, iseng, atau cuma mengganggu jalan saja. Tapi tidak demikian, sebenarnya kegiatan ini memiliki tujuan yang bermacam-macam, ada yang cuma untuk memecahkan rekor dan bersenang-senang, ada yang bertujuan untuk melampiaskan fantasi orang-orang tentang zombie, ada yang menggunakannya untuk sarana men’demo’ pemerintah, bahkan ada juga yang menjadikannya sebagai pesan untuk mengingatkan tentang fenomena kelaparan yang terjadi di negara-negara kecil.

Menurut saya event seperti ini tidak selamanya tidak berguna. Karena selalu ada sisi positif yang dapat diambil dari sebuah event. Selain itu event ini juga dapat menurunkan tingkat stres, yang diakibatkan karena kegiatan rutin sehari-hari yang membosankan, bisa dibilang juga sebagai ajang refreshing kita. Yang jelas jangan hanya melihat event ini mentah-mentah. Lihatlah makna dibalik itu semua. Tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti event ini bisa sampai ke Indonesia. Dibawah ada video rekaman Zombie Walk di Mexico City beberapa hari yang lalu, cuma 1 menit silahkan di buffer...



Terima Kasih, Semoga Membantu

7 komentar:

  1. hoo baru tau ada kayak ginian :o
    nice info tas :D

    BalasHapus
  2. ahaha....mau bikin halloween jenis baru kayaknya ^^

    BalasHapus
  3. Serem amat zombienya...Sangat menghayati...wkwkwkw...

    BalasHapus
  4. ngeri banget lihatnya.. alhamdulillah di Indonesia ga ada.. :D

    BalasHapus
  5. ayo nyoba bkin acara ini di SI tas. itung2 kontribusi ke hmsi.hahaha

    BalasHapus
  6. emoh deh kalo ad event bginian di sini >,<
    ngerri~ wkwkwk

    BalasHapus